Beranda GAYA HIDUP Fashion Masker Madu Untuk Atasi Kulit Berminyak

Masker Madu Untuk Atasi Kulit Berminyak

68
0
BAGIKAN

Bisnis.com, JAKARTA — Madu adalah obat yang sudah digunakan sejak lama untuk sebagian besar masalah kecantikan umum.

Madu bekerja sangat baik pada kulit dan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan kulit. Madu mengandung antioksidan yang membantu menunda penuaan kulit juga membantu dalam memperbaiki kulit dengan menghapus kulit kecoklatan dan bintik hitam.

Apalagi, madu bisa digunakan di berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Kulit berminyak terjadi ketika kulit menghasilkan minyak berlebih secara otomatis dan produksi minyak berlebih menjadi salah satu alasan utama munculnya jerawat di wajah.

Berikut adalah enam tips cara mengolah madu dengan berbagai bahan alami lainnya untuk mengatasi kulit berminyak seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (21/6/2018):

1. Pisang dan Madu

Pisang dan madu bekerja efektif dalam melembabkan kulit. Madu yang memiliki sifat antibakteri akan membantu mencegah perkembangan bakteri pada kulit. Anda hanya perlu menyiapkan dua sendok teh madu dan setengah potong pisang.

Anda tinggal menumbuk pisang hingga menjadi seperti pasta, lalu tambahkan dua sendok teh madu dan aduk rata. Oleskan sedikit di wajah dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bersihkan dengan air biasa.

2. Madu dan Oatmeal

Madu dan oatmeal mengandung antioksidan yang membantu memberi nutrisi pada kulit dan menyembuhkannya. Masker wajah ini berfungsi dengan efektif jika Anda menggunakannya setidaknya sekali dalam seminggu.

Cukup sediakan 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan madu. Anda tinggal menghancurkan oatmeal hingga halus, tambahkan madu, dan aduk rata.

Lalu, oleskan campuran tersebut di wajah dan gosok lembut dengan gerakan melingkar selama 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air biasa.

3. Madu dan Susu

Madu dan susu dianggap sebagai pelembab yang sangat baik untuk kulit dan akan membantu menjaganya agar terhidrasi. Kedua bahan ini juga membantu mencerahkan kulit.

Untuk membuat masker madu susu, siapkan setengah cangkir susu dan setengah cangkir madu. Cara membuatnya pun mudah dan Anda bisa menggunakannya setiap hari.

Masukkan susu ke dalam cangkir, tambahkan madu, dan aduk rata. Oleskan larutan ini pada kulit dan biarkan mengering. Setelah kering, cuci wajah dengan air biasa.

4. Minyak Masker Wajah dan Madu

Perpaduan madu dan minyak zaitun yang ada pada masker wajah membantu mengecilkan pori-pori dan meremajakan kulit.

Sediakan 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, dan beberapa tetes jus lemon. Untuk membuatnya, pertama-tama panaskan minyak zaitun di panci. Kemudian, tambahkan madu dan jus lemon.

Oleskan masker di wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat terlebih dulu, lalu bilas dengan air dingin. Masker ini bisa digunakan 2-3 kali sepekan untuk hasil yang lebih baik.

5. Madu dan Kunyit

Jika Anda memiliki infeksi, luka, atau radang pada kulit, maka kombinasi ini akan membantu menyelesaikan semua masalah Anda. Ditambah lagi, masker ini juga membantu mencerahkan kulit.

Siapkan satu sendok makan madu dan sejumput bubuk kunyit. Campurkan kedua bahan dalam mangkuk, lalu oleskan di wajah dan biarkan selama 20 menit.

Setelah 20 menit, bersihkan wajah dengan air dingin. Ulangi penggunaannya setidaknya 2-3 kali sepekan.

6. Madu dan Lemon

Campuran lemon dan madu juga membantu mengobati jerawat dan bekas jerawat yang biasanya terjadi pada kulit berminyak.

Anda tinggal menyiapkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh lemon. Campurkan kedua bahan dan aduk rata, lalu oleskan pada area yang terkena jerawat dengan menggunakan kapas.

Cuci wajah menggunakan air hangat setelah 10 menit.

Editor : Annisa Margrit

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here