Beranda News Daerah Makanan Kaleng Mengandung Virus Parasit Cacing

Makanan Kaleng Mengandung Virus Parasit Cacing

44
0
BAGIKAN
Anggota Komisi B DPRD Jatim Afwan Maksum

Komisi B Desak Indag Jatim Segera Tarik Makanan Kaleng Mengandung Virus Parasit Cacing

SURABAYA – Mengacu pada keputusan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang menyatakan beberapa produk makanan berkaleng positif mengandung virus parasit cacing harus segera di tindak lanjuti oleh instansi yang terkait untuk segera menarik produk-produk tersebut di pasaran karena dapat membahayakan masyarakat yang mengkonsumsi.

Anggota Komisi B DPRD Jatim Afwan Maksum mengaku prihatian melihat kasus ini, dan harus ditanggapi secara serius oleh Pemprov Jatim khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim. “Dalam waktu dekat kami akan panggil Kepala Dinas Indag Jatim untuk melakukan koordinasi supaya memerintahkan menarik produk makanan yang berbahaya tersebut agar masyarakat tidak jadi korban,” ujar Afwan saat dikonfirmasi Jumat (30/3/2018).

Politisi asal PDI Perjuangan Jatim ini berharap Dinas Indag Jatim harus pro aktif melakukan koordinasi dengan dinas terkait yang ada di kabupaten/kota. Pasalnya, jika tidak segera dilakukan penarikan produk masyarakat Jatim yang akan menjadi korban virus parasit cacing dalam makanan kaleg akan semakin banyak.

Berdasarkan hasil penelitian BPOM, lanjut politisi asal Bojonegoro seseorang yang mengkonsumsi makanan kaleng tersebut bisa terganggu saluran pencernaan bahkan bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker lambung.

Kalau di temukan ada indikasi kesengajaan pada produk makanan berkaleng memasukkan virus parasit cacing tersebut, maka kami selaku wakil rakyat mendesak aparat hukum untuk memproses secara hukum karena ini bisa membahayakan nyawa seseorang.

“Urusan perut rakyat terutama menyangkut nyawa orang tidak bisa diremehkan, jika ada unsur kesengajaan, dan itu menyangkut nyawa masyarakat khususnya di Jatim, maka kami mendesak pemerintah ambil tindakan tegas untuk menutup ijin perusahaan nakal tersebut, ” tegas mantan anggota DPP Banteng Muda Indonesia ini.

Perlu diketahui publik bahwa BPOM RI telah menyatakan ada 27 merk makanan berkaleng yang positif mengandung virus parasit cacing dan sangat membahayakan kesehatan.

Adapun produk makanan kaleng berbahaya tersebut diantaranya produk ABC, ABT, Ayam brand, Botan, CIP, Dongwon, DR Fish, Famerjack, Fiesta Seafood, Gaga, Hoki, Hosen, IO, Kings Fisher, Jojo, LSC, Maya, Nago, Naraya, Pesca, Poh Sung, Pronas, Ranesa, S and W, Sempio, TLC dan TSC. (ud)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here