Beranda News Nasional Dua Pasang Capres dan Cawapres Mendaftar di KPU

Dua Pasang Capres dan Cawapres Mendaftar di KPU

72
0
BAGIKAN

Pagi hari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mendaftarkan diri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan berkas syarat pencalonan pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) lengkap. Keduanya bisa langsung melanjutkan ke tahap pemeriksaan kesehatan.

Kepala Biro Teknis dan Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU), Nur Syarifah, mengatakan semua berkas syarat pencalonan Jokowi-Ma’ruf dalam formulir B1 PPWP, B2 PPWP, B3 PPWP dan B4 PPWP sudah lengkap. Formulir tersebut antara lain berisi visi dan misi pasangan calon, persetujuan dari parpol pengusul yang ditandangani oleh ketua umum dan pernyataan dukungan parpol pengusul.

“Berkas pencalonan Jokowi-Ma’ruf lengkap. Kemudian akan kami lakukan klarifikasi dokumen syarat calonnya. Setelah ini bisa dicermati pengantar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” jelas Nur usia pemeriksaan dokumen di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Dia melanjutkan, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada 12 Agustus atau hari Ahad. “Mohon dicermati apa saja yang harus dilakukan dalam rekomendasi pemeriksaan kesehatan itu,” tutur dia.

Nur menambahkan, ada dua parpol pengusul Jokowi-Ma’ruf yang dicoret sebagai parpol pengusung. Sebab, keduanya bukan merupakan peserta Pemilu 2014.

“Kami coret PSI dan Perindo sebab syarat mengusung adalah merupakan parpol peserta Pemilu 2014,” tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi-Ma’ruf resmi melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2019. Pantauan Republika, Jokowi dan Ma’ruf hadir di KPU pukul 09.25 WIB. Mengenakan kemeja putih, Jokowi datang bersama Ma’ruf datang secara bersamaan. Bersama dengan keduanya, datang para ketua umum dan sekjen parpol pendukung.

Tampak Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Umum Partai Perindo, Harry Tanoesoedibjo, Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Selain itu, sejumlah menteri juga tampak hadir, di antaranya Menhub Budi Karya Sumadi dan Menakaer Hanif Dhakiri, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko PMK Puan Maharani, Menteri LHK Siti Nurbaya.

Jokowi dan Ma’ruf langsung menuju ruang pendaftaran capres-cawapres. Keduanya lantas disambut oleh Ketua KPU beserta enam komisioner KPU. Selanjutnya, Jokowi-Ma’ruf melakukan proses pendaftaran.

Siang harinya usai shalat Jumat pasangan Prabowo-Sandiaga Salahudin Uno resmi mendaftar sebagai peserta Pemilihan Presiden 2019. Pasangan Prabowo-Sandiaga diantar oleh pimpinan partai politik pengusung, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Demokrat.

Prabowo-Sandi mendaftarkam diri diterima langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman dan jajarannya, sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat 10 Agustus 2018.

Prabowo-Sandi dan para pimpinan partai pengusung dipersilakan duduk. Prabowo kemudian menyerahkan berkas kepada pimpinan KPU, dan kemudian diperiksa kelengkapannya.

“Mohon menunggu selama kami memeriksa dalam beberapa saat,” ujar pembawa acara.

Sampai berita ini diturunkan, pemeriksaan berkas oleh pimpinan KPU masih berlangsung.

Tampak Prabowo-Sandi duduk diapit AHY, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Presiden PKS Sohibul Iman.

Sejumlah tokoh lain yang juga tampak mengantarkan Prabowo-Subianto ke gedung KPU, di antaranya, Amien Rais, Edhie Baskoro Yudhoyono, politikus Partai Berkarya Titiek Soeharto, Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso, Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama, putri Proklamator Soekarno Rachmawati Soekarnoputri. Mereka tampak duduk di bangku tamu.

Sumber : Replubika dan Vivanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here