Beranda Ekonomi AS Ancam Turki Jika Tidak Bebaskan Pastor

AS Ancam Turki Jika Tidak Bebaskan Pastor

41
0
BAGIKAN

Bisnis.com, JAKARTA — AS mewanti-wanti Turki untuk segera menyerahkan pastor asal Negeri Paman Sam ke negaranya jika tak ingin mendapatkan sanksi ekonomi yang lebih ketat.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyatakan sanksi tersebut siap dijatuhkan jika Andrew Brunson, pastor yang dituding terlibat kudeta terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada 2016, tidak segera dibebaskan.

“Jika mereka tidak segera melepaskannya, kami akan melakukan sesuatu yang lebih besar dari yang awalnya direncanakan,” paparnya dalam rapat kabinet bersama Presiden AS Donald Trump, seperti dilansir Reuters, Jumat (17/8/2018).

Sebelumnya, AS telah menerapkan sanksi ekonomi yang turut berperan menjatuhkan lira Turki hingga 40% tahun ini. Sanksi tersebut adalah kenaikan tarif impor baja dan aluminium hingga dua kali lipat.

Dalam kesempatan terpisah, penasihat keamanan Gedung Putih John Bolton menolak melakukan negosiasi dengan Duta Besar Turki untuk AS Serdar Kilic terkait pembebasan Brunson.

Di sisi lain, Turki meminta AS untuk melepaskan bank BUMN mereka, Halkbank, dari ancaman denda karena telah membantu Iran menghindari sanksi AS. Pemerintahan Erdogan juga menginginkan Washington untuk mengekstradisi Fethulleh Gulen, ulama Turki yang diyakini menjadi dalang atas upaya kudeta dua tahun lalu.

Sumber : Reuters
Tag : amerika serikat, turki
Editor : Annisa Margrit

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here